Glenn Doman




Siapakah Dr. Glenn Doman ?
Pada tahun 1955, beliau mendirikan “Institutes for the Achievement of Human Potential” di Philadelphia, Pennsylvania. Glenn Doman telah menangani lebih dari 15.000 keluarga dalam 50 tahun terakhir dan memberikan pengaruh kuat pada jutaan dari mereka melalui buku-buku dan perlengkapannya yang membantu mereka di rumah dengan suasana santai dan penuh kasih sayang sehingga anak-anak dapat menikmati JOY of LEARNING.

Apakah Metode Glenn Doman itu ?

Tujuan Glenn Doman sederhana saja. Beliau ingin menumbuhkan dan menanamkan kecintaan belajar pada bayi dan anak-anak kecil. Yang lebih penting, hal ini akan mempercepat perkembangan syaraf anak Anda. Banyak orang tua menganggap bahwa mengajar anak hanya efektif bila dilakukan di “ruang kelas”. Kebenaran memang tidak bisa disangkal. Tidak ada yang lebih berharga bagi anak daripada orang tuanya. Yang Anda perlukan hanyalah mengetahui bagaimana bayi Anda berkembang dan apa yang dapat dilakukan – dan Anda akan menjadi gurunya yang terbaik ! Program ini memberi Anda pengetahuan untuk merangsang dan mempertinggi keingintahuan, kemampuan dan keinginan anak untuk belajar. Anda hanya perlu waktu 10 menit setiap hari !

Our Comprehensive Selection of Home Programs Available

Reading is the basic on where intelligence is built.

Membaca bukanlah mata pelajaran seperti ilmu bumi, melainkan fungsi otak seperti melihat atau mendengar. Seluruh program membaca ini akan menunjukkan betapa menyenangkan dan mudahnya mengajar anak-anak kecil atau bayi membaca. Ajarkan buah hai Anda membaca dan menulis, serta nikmati hubungan akrab orang tua dan anak.

If the teach a tiny child the facts about Math, he will discover the rules.

Matematika bukanlah bagian dari ilmu pengetahuan, melainkan bahasa lain untuk berfikir dan menemukan jawabnya. Program ini bukan hanya mengajarkan anak fakta tentang jumlah dan arti simbol-simbol yang digunakan dalam matematika, tetapi juga membantu mengembangkan daya analitik anak Anda.

Encourage life-long love of learning & enthusiasm for knowledge !

Tujuan dari memberikan anak Anda Pengetahuan Ensiklopedia bukanlah untuk mendapatkan Hadiah Nobel, tetapi lebih kepada memberikan kepada anak Anda berbagai macam pilihan dalam hidup.

Glenn Doman menekankan bahwa : Belajar itu menyenangkan & proses belajar ini juga pasti sangat menyenangkan !

BAGAIMANA MENGAJAR BAYI/BALITA MEMBACA SAMBIL BERMAIN

Definisi membaca :

THE ABILITY TO RECOGNIZE WORDS AND UNDERSTANDING THEIR MEANING

Dari definisi itu kita mengerti bahwa membaca itu bukan sekedar bisa mengucapkan apa yang dibaca, juga perlu diperhatikan apakah anak mengerti apa yang dibaca.

Pesan untuk orang tua :
1.     Membaca merupakan salah satu fungsi tertinggi otak manusia
2.     Membaca merupakan salah satu fungsi paling penting dalam hidup dan dapat dikatakan bahwa semua proses belajar didasarkan pada kemampuan membaca.
3.     Semakin muda usia seorang anak ketika ia belajar membaca, semakin mudah dan semakin cantik cara ia membaca.
4.     Anak-anak dapat membaca :
·        Kata di usia 1 tahun
·        Kalimat di usia 2 tahun
·        Buku di usia 3 tahun

Bukti anak-anak bisa membaca :
·        Mengenal besar kecil
·        Membedakan papa, om, mama dan tante
·        Menghafal iklan (TV, billboard)

Jadi :
Tidak Perlu ditanya “dapatkah anak kecil membaca?
Yang perlu ditanya “bacaan apa yang kita inginkan dibaca anak?

Mengajar membaca adalah mudah dan sederhana, namun sayangnya seringkali karena mudah dan sederhana, justru mudah diabaikan, mudah ditunda, mudah disepelekan yang akhirnya waktu sudah lewat dan kita terlambat.

Mutlak untuk anak-anak : BELAJAR = BERMAIN = BELAJAR

Apa yang tidak boleh dilakukan :
1.     Jangan membosankan anak dengan :
·        Maju terlalu cepat
·        Maju terlalu lambat
·        Memberi tes terlalu sering
2.     Jangan memaksa anak
3.     Jangan tegang (lebih baik menunda, jika suasana tidak menunjang)
4.     Jangan mengajarkan abjad dulu.


Apa yang harus dilakukan :
1.     Bergembiralah
2.     Ciptakan cara baru

Syarat-syarat untuk mengajar membaca :
1.     Kata-kata cukup besar, jelas dan menarik
2.     Dibacakan dengan kuat dan jelas
3.     GEMBIRAAAAAAAA

Perlu diingat :
BAGAIMANAPUN JELEKNYA CARA KITA MENGAJAR, HAMPIR DAPAT DIPASTIKAN BAHWA IA AKAN BELAJAR LEBIH BANYAK DARIPADA KALAU IA TIDAK DIAJARKAN SAMA SEKALI.

Faktor-faktor penting :
1.     Sikap dan pendekatan
2.     Ukuran dan kerapian bahan bacaan

Bentuk tulisan :
1.     Kata, bukan huruf
2.     Huruf sederhana dan konsisten, tidak perlu huruf cantik yang selain sulit ditangkap mata anak, juga membuang waktu dalam menulis.
3.     Huruf kecil dan bukan kapital

Bukti bahwa kita membaca “kata” bukan “huruf” :

Pada hair ini skeitar 100 ornag tua brekupmul di holet utnuk mneghdairi smeniar ynag berkaitna dnegan dnuia pnedidikna anak.
Stenegah acraa sudah dlialui dan tmapaknya smeua peserat mnedengrakan dnegan cukup snatai kreana diselnigi dengan tawa ria, namnu dengan prehatian yang sreius.


Tahap mengajar :
1.     Tahap I : Kata tunggal (Single word)
2.     Tahap II : Gabungan 2 kata (Couplet)
3.     Tahap I : Kalimat sederhana (Phrases)
4.     Tahap I : Kalimat utuh (Sentences)
5.     Tahap I : Buku

Children Learn at Lighting Speed.... Anak belajar dengan kecepatan kilat, luar biasa cepatnya

·        If you show them the words more than 3 times a day, you will bore them
·        If you show them a single card for more than 1 second, you will lose them

Ingat.... berhentilah sebelum anak bosan